PALANGKA EKSPRES

TERDEPAN DAN SELALU LEBIH MAJU
Edisi 18 Oktober 2018

Truk Tangki Industri Justru Ditangkap

Gambar Truk Tangki Industri Justru Ditangkap
Teks tangki industri Teks tangki industri Teks tangki industri Teks tangki industri Teks tangki industri Teks tangki industri.
PALANGKA RAYA - Di tengah sulitnya mendapatkan BBM dan maraknya pelangsir di wilayah Kalteng, jajaran Polda Kalteng justru menangkap lima buah truk tangki yang biasa mengangkut BBB untuk keperluan industri atau nonsubsidi. Penangkapan truk berwarna biru-putih yang dilakukan pada 14 dan 17 Februari ini juga baru diekspos ke media massa pada Senin (4/3) siang.
 
Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Pambudi Rahayu menjelaskan, kelima truk tangki itu ditangkap dari dua tempat kejadian perkara (TKP). Masing-masing pada 14 Februari 2013 di ruas antara Buntok-Palangka Raya dan pada 17 Februari di di Jalan Ahmad Yani depan Kantor PLN Palangka Raya. Pada 14 Februari, petugas mengamankan pimpinan PT Aldi Mario Bersatu berinisial BR serta barang bukti berupa 3 unit truk tangki berisi 500 liter solar.
 
Selanjutnya, pada 17 Februari, kembali diamankan dua orang berinisial RA dan RS serta barang bukti berupa 2 unit tangki berisi 500 liter, kata AKBP Pambudi Rahayu yang dalam jumpa pers didampingi seorang petugas dari Dirreskrimsus Polda Kalteng.
 
Dijelaskan Kabid Humas, penangkapan kelima truk tangki tersebut lantaran saat diperiksa petugas, pemiliknya tidak bisa menunjukan dokumen pengangkutan BBM yang sah atau tidak dilengkapi dengan dokumen delivery order (DO). Modus operandi yang dilakukan pelaku membawa BBM tanpa dilengkapi dokumen syarat yang sah.
 
Namun, ketiga tersangka tidak ditahan karena ancaman hukumannya di bawah lima tahun, terang Kabid Humas AKBP Pambudi. Ditambahkan oleh Pambudi, untuk tangkapan 2012 sampai Januari 2013, jajaran Polda Kalteng berhasil mengungkap kasus penyalahgunaan BBM yaitu pada Tindak Pidana (TP) pengangkutan berjumlah 187 kasus dan TP penyimpanan sebanyak 72 kasus.
 
Rinciannya BBM jenis solar 207.010 liter, premium 71.565 liter dan minyak tanah 22.219 liter. Barang bukti yang diamankan berupa mobil tangki 10 unit, mobil roda enam 3 unit, roda empat 132 unit dan kelotok 2 unit. Selain itu, juga diamankan kendaraan roda dua yang digunakan pelangsir sebanyak 40 unit,ujar Kabid Humas.
 
Lebih jauh saat dikonfirmasi tentang ekspos penangkapan yang dilakukan sehari sebelum kedatangan Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo ke Kalteng ini hanya pencitraan dari Polda Kalteng, Kabid Humas AKBP Pambudi Rahayu menampiknya dengan tegas. Bukan, karena permasalahan ini kita kan harus mempunyai bukti yang kuat, dengan unsur-unsur bukti yang kuat baru kemudian kami angkat ke permukaan, jelas Kabid Humas. (kam/son/tur)
Ingin berkomentar
Komentar Terbaru.

Komentar untuk "Truk Tangki Industri Justru Ditangkap"

(harus diisi)
  • PALANGKA EKSPRES

    HARIAN PAGI PERTAMA DAN TERBESAR DI KALIMANTAN TENGAH

    Alamat Redaksi: Jl. Tjilik Riwut Km. 2,5 Gedung Biru Kalteng Pos Palangka Raya, Tlpn & Fax (0536) 3264171. Email Redaksi: redaksi@Palangkaekspres.com
    Alamat Iklan:Jl. Tjilik Riwut Km. 2,5 Gedung Biru Kalteng Pos Palangka Raya, Tlpn & Fax (0536) 3264171. Email Iklan : iklan@Palangkaekspres.com 
    Alamat Pemasaran: Gedung Biru Kalteng Pos Jl.Tjilik Riwut km.2,5 Palangka Raya, Tlpn & Fax (0536) 3264171, Email Pemasaran : pemasaran@palangkaekspres.com


    LOADING HALAMAN WEB DALAM 0.1107 DETIK