PALANGKA EKSPRES

TERDEPAN DAN SELALU LEBIH MAJU
Edisi 24 Mei 2018

Menunggu Gelegar Pemilukada Kota

Gambar Menunggu Gelegar Pemilukada Kota
Pahit S. Narottama PEMILIHAN umum kepala daerah (pemilukada) di Kota Palangka Raya sebagai manifestasi dan representasi Kalteng menjadi sangat menarik. Tidak saja untuk kalangan yang memiliki figur unggulan yang akan maju sebagai calon, tetapi juga masyarakat selaku pemberi suara. Persoalan yang menjadikan sangat menarik, karena sesungguhnya, kota cantik ibarat perempuan anggun dan menawan yang diidolai banyak lelaki.
 
Apalagi, isu santer yang paling seru belakangan ini adalah pemindahan ibukota pemerintahan Republik Indonesia ke luar Jakarta ke Palangka Raya. Siapapun kelak yang akan terpilih menjadi wali kota, program-program yang dijalankan harus memiliki arah dan tujuan yang jelas. Jelas target pembangunannya, jelas arah pembangunan kotanya, untuk kemaslahatan warga kota, siapapun dia.
 
Pembangunan yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan warga dan masyarakat kota, bukan lagi, atas keinginan kelompok dan golongan, sehingga jika pun pemindahan ibukota itu terjadi ke Palangka Raya, tak ada masyarakat yang merasa tersingkir. Masyarakat awam tidak lagi melihat siapa oknum, atau partai pengusung figur calon. Yang penting, ada perbaikan segala fasilitas yang diperlukan oleh masyarakat.
 
Termasuk juga, nikmatnya berkendara di jalan-jalan kota yang mulus, tidak berlubang, dan bisa membuat celaka. Apalagi, Kota Palangka Raya sebagai manifestasi dan representasi Kalteng. Tidak jarang, beberapa kawan investor yang mengatakan, kalau jalan di dalam kota, yang adalah ibukota Kalteng, bagaimana kondisi infrastruktur di kota lainnya, bahkan di wilayah pedalaman.
 
Di satu sisi, pernyataan itu memalukan, tetapi tidak ada tempat untuk bisa membuang rasa malu itu, karena pada kenyataannya, kerusakan jalan itu justru terjadi di wilayah kota yang dekat dengan pusat pemerintahan. Karena itu, sulit untuk mencari pembenaran jika pembangunan kota benar-benar sudah terarah.
 
Apalagi, keinginan masyarakat yang tidak tersalurkan karena pada kenyataannya, aspirasi yang disampaikan melalui musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) berjenjang dari tingkat kelurahan, kota/kabupaten, dan provinsi, toh akhirnya hilang ketika tidak sesuai dengan keinginan sejumlah oknum di lembaga pewakil aspirasi.
 
Untuk itu pula, pemilukada kota yang akan digelar beberapa bulan ke depan menjadi saluran aspirasi yang sungguh strategis bagi pembangunan wilayah kota ke kelak. Meski tidak ada jaminan, bahwa pembangunan kota akan benar-benar menguntungkan semua pihak, tanpa kecuali.
 
Apalagi kata orang, pembangunan akan lebih ditujukan kepada sekelompok pendukung di ring satu, sebelum kemudian mengarah kepada komunitas ring dua dan ring, ring berikutnya. Paling tidak, mayoritas masyarakat kota tidak banyak pilihan dan permintaan.
 
Siapapun kelak yang akan terpilih menjadi pemimpin, yang penting masyarakat bisa berusaha dengan mudah, segala urusan tidak sulit, dan apapun yang dilakukan bisa menghasilkan keuntungan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. (*)
Ingin berkomentar
Komentar Terbaru.

Komentar untuk "Menunggu Gelegar Pemilukada Kota"

(harus diisi)
  • PALANGKA EKSPRES

    HARIAN PAGI PERTAMA DAN TERBESAR DI KALIMANTAN TENGAH

    Alamat Redaksi: Jl. Tjilik Riwut Km. 2,5 Gedung Biru Kalteng Pos Palangka Raya, Tlpn & Fax (0536) 3264171. Email Redaksi: redaksi@Palangkaekspres.com
    Alamat Iklan:Jl. Tjilik Riwut Km. 2,5 Gedung Biru Kalteng Pos Palangka Raya, Tlpn & Fax (0536) 3264171. Email Iklan : iklan@Palangkaekspres.com 
    Alamat Pemasaran: Gedung Biru Kalteng Pos Jl.Tjilik Riwut km.2,5 Palangka Raya, Tlpn & Fax (0536) 3264171, Email Pemasaran : pemasaran@palangkaekspres.com


    LOADING HALAMAN WEB DALAM 0.0720 DETIK