PALANGKA EKSPRES

TERDEPAN DAN SELALU LEBIH MAJU
Edisi 23 Mei 2018

Perusahan Batubara Caplok Lahan Warga

Gambar Perusahan Batubara Caplok Lahan Warga
PALANGKA RAYA - Keberadaan perusahaan-perusahaan besar yang bergerak dalam bidang pertambangan batubara di wilayah Barito Tmur (Bartim) ternyata tidak sepenuhnya membawa kesejahteraan bagi masyarakat sekitar. Bahkan, tidak sedikit di antaranya yang justru menjadi musuh lantaran mencaplok lahan masyarakat.
 
Lebih miris lagi aksi pencaplokan lahan ini terkadang sangat sulit diselesaikan melalui jalur hukum. Meskipun dalam hal ini masyarakat pemilik lahan telah mengantongi bukti-bukti kepemilikan yang sah secara hukum.
 
Sebenarnya permasalahan pengambilalihan lahan ini sudah diadukan ke Polres Bartim pada 2011 lalu, tetapi nyatanya hingga sekarang proses hukumnya tidak pernah rampung, informasi terakhir pihak kejaksaan selalu menggembalikan berkas hasil penyidikan polisi,kata Chairil Anwar SH kuasa Kan Eddy selaku pemilik lahan eks CV Mas Sari di Desa Telang Baru Kecamatan Paju Epat Bartim kepada Kalteng Pos, Minggu (3/3).
 
Dijelaskan Chairil Anwar, permasalahan sengketa lahan antara pihaknya dengan perusahaan batubara PTSenam Energindo Mineral di Bartim sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu. Bahkan penyelesaian perkara secara perdata pun sudah kita jalani dengan kemenangan berada di pihak kami. Tetapi, dalam perkara pidananya ini justru terkesan ada upaya untuk menghalang-halangi proses penegakan hukumnya,ujar Chairil Anwar.
 
Menurut Chairil Anwar, dalam perkara pidana sengketa lahan ini aparat kepolisian di Bartim sudah menetapkan tersangkan atasnama Thio Hang Ing. Tetapi, ungkap dia, sejak ditetapkan sebagai tersangka pada 2011 lalu, perkara ini tidak pernah sampai pada tahap P-21.
 
Ada saja alas an kejaksaan di Bartim untuk mengatakan perkara ini tidak lengkap, selain itu hingga sekarang obyek sengketa lahan seluas 9,5 Ha itu juga tidak dipolice line aparat berwajib,ungkap Chairil Anwar. (tur)
Ingin berkomentar
Komentar Terbaru.

Komentar untuk "Perusahan Batubara Caplok Lahan Warga"

(harus diisi)
  • PALANGKA EKSPRES

    HARIAN PAGI PERTAMA DAN TERBESAR DI KALIMANTAN TENGAH

    Alamat Redaksi: Jl. Tjilik Riwut Km. 2,5 Gedung Biru Kalteng Pos Palangka Raya, Tlpn & Fax (0536) 3264171. Email Redaksi: redaksi@Palangkaekspres.com
    Alamat Iklan:Jl. Tjilik Riwut Km. 2,5 Gedung Biru Kalteng Pos Palangka Raya, Tlpn & Fax (0536) 3264171. Email Iklan : iklan@Palangkaekspres.com 
    Alamat Pemasaran: Gedung Biru Kalteng Pos Jl.Tjilik Riwut km.2,5 Palangka Raya, Tlpn & Fax (0536) 3264171, Email Pemasaran : pemasaran@palangkaekspres.com


    LOADING HALAMAN WEB DALAM 0.0951 DETIK