PALANGKA EKSPRES

TERDEPAN DAN SELALU LEBIH MAJU
Edisi 23 Mei 2018

Program Transmigrasi Terancam Gagal

SUKAMARA  Program transmigrasi pada tahun 2013 di Kabupaten Sukamara yang rencananya akan mendatangkan 100 kepala keluarga (KK) terancam gagal lantaran perubahan status lahan lokasi penempatan transmigrasi di Desa Pulau Nibung menjadi hutan produksi (HP) dari status areal penggunaan lain (APL).
 
Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) Sukamara Jaya Patrianur mengatakan, perubahan status lahan lokasi transmigrasi tersebut lantaran keluarnya keputusan Menteri Kehutanan nomor 529 tahun 2012 yang menyatakan bahwa status lahan tersebut berubah menjadi HP.
 
Status lahan trasmigrasi ini adalah APL, tetapi dengan keluarnya SK Menhut nomor 292, tahu-tahu berubah lagi menjadi HP pada September 2012 lalu, sehingga kami tidak berani melakukan aktivitas apapun di lahan tersebut, karena adanya perubahan status ini, ujar Jaya Patrianur kepada Kalteng Pos di sela-sela kegiatannya, Senin (25/2).
 
Dijelaskan, program transmigrasi tidak akan bisa dilaksanakan selama status lahan masih hutan produksi (HP), sehingga pihak Dinsosnakertran berusaha untuk mengubah status lahan tersebut agar program transmigrasi dapat tetap dilaksanakan. Dikatakan, Pemkab Sukamara sudah menganggarkan Rp8 miliar lebih untuk program transmigrasi tahun 2013 tersebut.
 
Segala macam bentuk kegiatan kita hentikan dulu sampai status lahan ini berubah menjadi APL kembali, karena kalau lahan tersebut tetap dengan status HP maka program ini bisa gagal, ucap Jaya. Ditambahkan, pihak Dinsosnakertrans sedang berusaha agar program transmigrasi tidak gagal. Jaya mengatakan usaha yang dilakukan adalah tukar guling lahan sehingga program transmigrasi tetap dapat dilaksanakan.
 
Kita sudah mengusulkan untuk tukar guling lahan dan dukungan untuk dasar pelaksanaannya dengan surat bupati dan rekomendasi dari gubernur dan kita akan mengurus ini ke pusat agar program ini dapat tetap berjalan, ucap Jaya. Jaya mengharapkan pihaknya segera mendapat surat dukungan dari Kementerian Kehutanan sehingga transmigrasi dapat dilaksanakan selama menunggu proses tukar guling berlangsung.
 
Permintaan mereka (Kemenhut) bahwa lahan ini tidak digunakan untuk kepentingan yang lain selain transmigrasi dan kemudian ada rekomendasi dari gubernur, semua surat ini yang akan dibawa ke pusat untuk mendapatkan dukungan itu, dan harapan kita, semua ini dapat lolos, karena kalau tidak lolos maka program transmigrasi gagal, kata Jaya seraya mengatakan pihaknya akan tetap berupaya semaksimal mungkin. (enn/hit)
Ingin berkomentar
Komentar Terbaru.
  • User Image
    Randall

    I love this site ansi fast gain 3000 review The weekend's wild racing was a vindication for America's Cup organizers, l

  • User Image
    Micah

    I want to make a withdrawal griseofulvin (grifulvin v) side effects Violence in Iraq has risen to its deadliest lev

  • User Image
    Eric

    How do I get an outside line? texashealthyhands.com Katherine Trebeck, policy and advocacy manager for Oxfam's UK programme,

  • User Image
    Flyman

    Some First Class stamps rogaine buy online canada An Iranian oil official, however, said President HassanRouha

  • User Image
    Gerard

    I went to best selling ms drugs German Ambassador Hanns Schumacher urged China to ensurefreedom of opinion

Komentar untuk "Program Transmigrasi Terancam Gagal"

(harus diisi)
  • PALANGKA EKSPRES

    HARIAN PAGI PERTAMA DAN TERBESAR DI KALIMANTAN TENGAH

    Alamat Redaksi: Jl. Tjilik Riwut Km. 2,5 Gedung Biru Kalteng Pos Palangka Raya, Tlpn & Fax (0536) 3264171. Email Redaksi: redaksi@Palangkaekspres.com
    Alamat Iklan:Jl. Tjilik Riwut Km. 2,5 Gedung Biru Kalteng Pos Palangka Raya, Tlpn & Fax (0536) 3264171. Email Iklan : iklan@Palangkaekspres.com 
    Alamat Pemasaran: Gedung Biru Kalteng Pos Jl.Tjilik Riwut km.2,5 Palangka Raya, Tlpn & Fax (0536) 3264171, Email Pemasaran : pemasaran@palangkaekspres.com


    LOADING HALAMAN WEB DALAM 0.0636 DETIK