Darwan Ali dan Miming di ''Penjara'' Dalam Negeri.

KPK Telah Kirim Surat Pencekalan ke Imigrasi

Selasa, Tanggal 15-10-2019, jam 03:33:07

single-post

Mantan Bupati Seruyan Darwan Ali.


PALANGKA RAYA – Menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi. Mantan Bupati Seruyan Darwan Ali dicekal pergi ke luar negeri oleh lembaga antirasuah alias Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).   


Tidak sendiri. Ketua DPW PAN Kalteng (Darwan Ali) larang pergi ke luar negeri bersama Direktur PT Swa Karya Jaya (PT SKJ), Tju Miming Aprilyanto.


Keduanya ditetapkan sebagai tersangka diduga melakukan praktik korupsi pada proyek Pelabuhan Laut Teluk Segintung, Kabupaten Seruyan pada Tahun 2007-2012. 


KPK pun telah mengirimkan surat ke Imigrasi untuk melakukan pelarangan ke luar negeri terhadap dua orang tersebut. Pencegahan dilakukan selama 6 bulan terhitung 15 Agustus 2019 sampai dengan 15 Februari 2020. 


Seperti dirilis KPK, Darwan Ali diduga menerima suap sebanyak Rp 687,5 juta dari PT SKJ. Suap tersebut agar Darwan Ali memenangkan PT SKJ sebagai pelaksana proyek. Uang suap itu diberikan kepada anaknya. Kasus dugaan korupsi ini merugikan negara sebesar Rp 20,84 miliar.


Menanggapi persoalan tersebut, Makhbub Indra Pratama yang merupakan kolega Darwan Ali, menyampaikan rasa prihatinnya atas kejadian tersebut. 


“Sebagai kolega saya merasa prihatin. Tidak menyangka saja. Beliau orangnya sangat baik,” pungkasnya. (cen)