Hotpot Terbesar di Dunia dan Bisa untuk 56 Orang

Rabu, Tanggal 20-11-2019, jam 09:50:17

single-post



 

msn.com Kamu pasti pernah menikmati semangkuk hotpot. Makanan khas China ini juga dikenal dengan sebutan steamboat. Kuah gurih nan segar menjadi kunci utamanya, kemudian kuah tersebut menjadi celupan untuk; daging, aneka bakso, atau sayuran, agar semakin lengkap ketika dinikmati.

Tapi apa jadinya, kalau hotpot yang hendak dinikmati diameternya mencapai 10 meter. Mengutip World of Buzz, beberapa hari lalu dalam pameran China International Import Expo (CIIE) di Shanghai, telah menghadirkan hotpot terbesar di dunia.

Menurut laporan Xinhuanet, hotpot tersebut juga memiliki tinggi satu meter dan berat 13 ton. Saking besarnya, makanan yang disajikan dengan dua pilihan kuah (kaldu dan kuah pedas) itu mampu memberi makan kepada 56 orang pengunjung.

Rupanya, panci besar tersebut dibuat oleh Morals Village Hot Pot (Dezhuang Group), yang merupakan rantai restoran hotpot di Chongqing. Tujuan mereka menampilkan hotpot raksasa ini, ingin menampilkan warisan budaya tak benda khas Tiongkok.

Ke-56 orang yang menikmati hotpot tersebut diberi perlengkapan makan; yakni pot kecil yang konon melambangkan persatuan serta harmoni.

Di pinggiran panci hotpotnya dihias dengan kaligrafi, dan lukisan yang menggambarkan sejarah Tiongkok. Para 56 orang tersebut duduk melingkar di sekitaran hotpot besar itu.

Untuk membuat kuah dalam hotpot tersebut, penyelenggaranya membutuhkan 2.000 kilogram bumbu; dengan 200 kilogram paprika, dan 500 kilogram cabai. Untuk membuat hotpot tersebut tetap hangat, dibutuhkan 220 kilowatt listrik untuk tetap membuatnya menyala.

Meskipun hotpot khas Chongqing umumnya menggunakan bahan-bahan lokal, namun secara khusus dihadirkan pula beberapa campuran bahan dan bumbu import. Ada babat daging sapi dari Selandia Baru, cabai India, seafood Kanada, lemak babi Jerman, dan irisan daging sapi dari Australia serta Brasil.