​Sedih, senang dan bahagia dirasakan si kembar, Erin Debora dan Iren Liberta. Pelajar SMAN 5 Palangka Raya ini mendapatkan nilai sempurna ketika mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dalam mata pelajaran Bahasa Inggris.

Si Kembar Raih Nilai Sempurna.

Rabu, Tanggal 15-05-2019, jam 08:44:08

single-post

FOTO: IST PRESTASI: Erin Debora (dua kanan) dan Iren Liberta (tiga kini) saat foto bersama sambil memegang hasil nilai Bahas Inggris.

JUNIARDI SUSANTO, Palangka Raya

SISWI yang lahir 16 Oktober 2001 ini sangat tidak menyangka mendapatkan nilai sempurna dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Yangmana keduanya mengaku tidak ada persiapan khusus dalam menghadapi UNBK ini, mereka mengaku hanya belajar seperti biasa.

Ketik ditemui, Erin Debora mengaku memang suka pelajaran Bahasa Inggris sejak kecil. Sejak kecil terbiasa dibelikan kaset animasi Bahasa Inggris serta oleh mamah kami, serta dibawa kakak main game Harvest Moon. "Darisitulah kak kami sangat penasaran dengan Bahasa Inggris. Saya kira itu menyenangkan," katanya, kemarin (14/5).

Anak kedua dari tiga bersaudara ini juga menjelaskan, keberhasilannya meraih nilai sempurna itu berkat doa kedua orangtua, serta belajar dengan rajin. Bahkan ia mengaku sempat mengikuti les khusus Bahasa Inggris sejak SD, namun ketika SMP dan SMA kami hanya otodidak saja.

"Doa orangtua sangat penting, sisanya kami belajar otodidak serta bantuan guru kami kak. Jadi sangat tidak menyangka mendapatkan nilai sempurna," ngaku Erin Debora.

Selama menempuh pendidikan di SMA 5 ini, ia sempat meraih juara 1 OSN Fisika tingkat Kota Palangka Raya dan debat Bahasa Inggris meraih juara Runner Up. Yang mana waktu itu dirinya duduk dibangku kelas X dan XI dan patut disyukurinya. "Kami bersyukur bisa membawa nama harum sekolah kak, masalah seperti ini yang penting ulet dalam belajar," tukasnya.

Ditempat yang sama, Iren Liberta mengaku, selama UNBK dirinya dan saudara kembar sama dengan anak-anak lain, yaitu belajar dengan ulet dan minta doa dari dua orangtua.

"Wah ini mukjizat tuhan kak mendapatkan nilai sempurna ini, karena belajar sama saja dengan anak-anak lainnya. Akan tetapi saya dan saudara kembar menggemari pelajaran Bahasa Inggris,” tutur Iren yang sempat mengharumkan sekolah dalam meraih juara 3 lomba Poster PMR dan Doodle ART Palangka serta mendapatkan peringkat 13 Olimpiade Bahasa Inggris tingkat nasional di Brawijaya.

Ketika ditanya kegiatan usai lulus sekolah, anak dari pasangan Ir Herter dan ibu Ir Richelin Janas, kompak menjawab ingin kuliah. Akan tetapi untuk jurusannya masih dipikirkan, namun mereka menginginkan jurusan yang ada Bahasa Inggris nya.

"Kami hanya berharap prestasi seperti ini juga dapat diraih oleh siswa siswi lainnya yang ada di SMA 5. Kedepannya, kami akan terus belajar dan belajar, kalau bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional," sebut Erin.

Terpisah, Kepala Sekolah SMAN 5 Palangka Raya Arbusin berharap, dari hasil itu semoga lebih termotivasi dan bagi mereka dan siswa lainnya. Tidak hanya itu saja, guru-guru juga harus lebih giat lagi kedepannya. "Betapa pentingnya prestasi dan karakter yang tangguh pada masa akan datang," tukasnya.

Disisi lain, Wakil Kepala Sekolah Bidang Publikasi dan Humas menjelaskan, pihak sekolah hanya yakin semua siswa akan lulus ujian. Bahkan tidak punya target untuk meraih nilai sempurna, kalau nilai tinggi yang ada keinginan. 

"Kalau kedua siswi itu keseharian tertib,  santun,  disiplin dan serius belajar. Semoga saja bisa lanjut kuliah supaya bisa berprestasi dan menjadi karakter yang mulia," pungkasnya. (*)

(Penulis ​JUNIARDI SUSANTO PE, Palangka Raya)