​DPRD Apresiasi Berdirinya Pabrik Karet di Katingan Tengah

Rabu, Tanggal 15-05-2019, jam 09:01:00

single-post

FOTO: SUANDI/PE SAMPAIKAN APRESIASI: Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Muhammad Efendi SHut berharap dengan berdirinya pabrik karet di Kecamatan Katingan Tengah bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

KASONGAN – Pabrik karet yang berdiri di antara Desa Samba Bakumai-Samba Katung, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan bakal mulai beroperasi dalam waktu dekat. Terkait itu, pihak dewan berharap agar keberadaan pabrik ini nantinya akan bisa menambah pendapatan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Muhammad Efendi SHut menuturkan, pabrik tersebut nanti akan merekrut pegawainya dari warga setempat untuk bekerja. “Kami berharap, pihak perusahaan bisa mengutamakan warga lokal untuk menjadi karyawannya dan tentu disesuaikan dengan tingkat pendidikan serta pengelaman kerjanya,” katanya, Senin (13/5) lalu.

Para petani karet, lanjut Fendi, juga dapat menjual hasil panennya dengan harga yang lebih tinggi dibanding dengan sebelum beroperasinya pabrik karet tersebut. “Selaku wakil rakyat, kami menyambut baik atas beroperasinya pabrik tersebut. Semoga nantinya, bisa semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuh Politisi Partai Demokrat ini.

Dengan beroperasinya pabrik karet ini, dia yakin akan sangat berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat Katingan, khususnya Kecamatan Katingan Tengah dan sekitarnya. Karena harga karet yang tadinya mengalami penurunan drastis alias anjlok, kini akan mulai membaik. “Jika sebelumnya, warga menjual hasil panennya ke luar kecamatan atau luar Kabupaten Katingan dengan harga murah. Kini, mereka cukup menjual ke perusahaan tersebut dengan harga tinggi,” tuturnya.

Dengan harga yang meningkat tersebut, diharapkan masyarakat akan bergairah kembali untuk mememilihara dan menaman karet. Karena perusahaan akan menampung hasil panennya secara berkelanjutan. “Jadi tidak lagi menunggu pengepul yang datang atau mengantar kepada pengepul di luar daerah,” sebut anggota dewan asal daerah pemilihan (dapil) Katingan III yang meliputi Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini.

Keberadaan pabri ini, tentu saja akan memberikan peluang kepada masyarakat untuk memperoleh pekerjaan tetap. Jika banyak masyarakat setempat yang direkrut sebagai pekerja, tentu saja akan meningkatkan perekonomi di wilayah itu. “Secara tidak langsung pula, ini akan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Katingan,” ujar anggota dewan yang terpilih kembali untuk periode 2019 – 2024 ini. (ndi/her)