Tongkang Hantam Rumah Warga

Selasa, Tanggal 11-02-2020, jam 10:00:08

single-post

FOTO: POLSEK DUSHIL FOR PE HANCUR: Rumah warga, keramba, perahu dan jamban, hancur di hantam kapal tongkang TGH 2521 di Kelurahan Mangkatip, kemarin (10/2).

BUNTOK - Sebuah kapal tongkang bernama TGH 2521 tanpa muatan, menghantam sebuah rumah, keramba, perahu dan jamban hingga mengalami kerusakan. Hal tersebut terjadi di Sungai Barito, Kelurahan Mangkatip, Kecamatan Dusun Hilir (Dushil), Kabupaten Barito Selatan (Barsel), kemarin (10/2) sekitar pukul 11.00 WIB.

"Benar, awal kejadian kapal Tagboat Sanle 15 sedang menarik tongkang, tiba-tiba kemudi mengalami kemacetan pada jarum indikator dan tidak berfungsi," kata Kapolres Barsel AKBP Devy Firmansyah SIK melalui Kapolsek Dushil Ipda Susanto SH kepada PE melalui pesan whatsapp.

Ia menceritakan, akibat jarum indikator tersebut macet dan tidak berfungsi, mengakibatkan kemudi tidak bisa dikendalikan ke kiri dan ke kanan. Pada saat itu kapal terhenti dan tongkang terus maju, lalu menabrak buritan kapal. Kemudian kapal mendorong bagian depan tongkang agar tongkang bisa menepi ke pinggir sungai.

"Namun pada saat tongkang menepi ke pinggir sungai, tongkang menyenggol dapur rumah, keramba dan perahu serta jamban warga yang ada di pinggir sungai," terangnya.

Ia membeberkan, rincian kerugian warga yakni, 12 batang jamban, 6 keramba ikan, 10 kalang ikan patin, satu mesin hitachi, satu mesin kelotok 20 hp, satu perahu kecil, satu dapur rumah, dua klotok besar Ulin, satu kandang ayam berisi 10 ekor.

"Atas kejadian tersebut, warga mengalami kerugian ditaksir sekitar Rp 229.100.000 dan melaporkan ke Polsek Dusun Hilir. Lalu kita melakukan pemeriksaan kelengkapan dan surat-surat kapal, serta melakukan pemeriksaan terhadap ABK kapal SANLE 15 dan saksi-saksi," tandasnya. (jms/cen)