Kembangkan Kawasan Embung Jadi Taman Buah

Jum`at, Tanggal 14-02-2020, jam 01:58:49

single-post

TINJAU: Bupati Sukamara H Windu Subagio (kanan) didampingi Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi dan Kapolres Sukamara AKBP Sulistiyono saat meninjau kawasan Embung Tempenek, belum lama ini.

SUKAMARA - Pemerintah Kabupaten Sukamara menerencakan pengembangan kawasan Embung Tempenek hingga kini sudah rampung pengerjaan bangunannya. Bahkan rencananya kawasan tersebut akan dilengkapi dengan wahana permainan anak serta taman buah untuk tempat rekreasi keluarga.

Seperti halnya disampaikan Bupati Sukamara H Windu Subagio di sela-sela kegiatannya bersama DPRD Sukamara, Wakil Bupati, dan unsur forkopimda di Desa Sungai Raja, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara saat meninjau pembangunan embung tempenek beberapa waktu lalu.

Bupati Sukamara H Windu Subagio mengatakan, pihaknya meninjau pembangunan embung tempenek yang merupakan program dari pemerintah pusat melalui balai besar sumber daya air. Saat ini sudah selesai dikerjakan dan akan dihibahkan kepada pemerintah daerah Kabupaten Sukamara.

“Kalau nanti sudah diserahkan kepada daerah, maka Pemerintah Kabupaten Sukamara harus ada persiapan yang rencananya akan kita buat suatu kawasan (terintegrasi).  Mulai dari embung hingga pariwisatanya,” ujar Bupati Sukamara H Windu Subagio belum lama ini.

Meski demikian, pengembangan kawasan embung tetap mengacu pada fungsi prioritas embung sebagai sumber air bersih bagi masyarakat. Untuk itu, rencana pembangunan wahana bermain serta taman buah di sekitar embun tidak boleh mengganggu fungsi utama embung dan harus ada jarak.  Namun menurutnya tetap berada di satu kawasan tersebut.

“Yang paling utama, kawasan embung ini harus steril. Karena embung ini merupakan bahan baku air bersih untuk warga,” jelasnya.

Bupati menambahkan, sebagai langkah awal, pihaknya akan menambah tanaman pepohonan terlebih dahulu di sekitar embung agar lebih terlihat asri dan sejuk.  Karena saat ini kawasan masih terlihat gersang dengan hamparan tanah dengan embung.

“Jadi kalaupun nanti kawasan embung ini, kita padukan dengan pariwisata termasuk rencana ada wahana bermain yang kita tambahkan.  Yang pastinya tidak boleh mengganggu sumber air baku ini,” imbuhnya. (lan)