Wujudkan Lingkungan Sehat Tanpa Rokok

Jum`at, Tanggal 14-02-2020, jam 02:00:39

single-post

SENAM BERSAMA: Wakil Bupati Mura, Rejikinoor bersama Ketua DPRD, Doni dan anggota DPRD lainnya serta jajaran Pemkab Mura saat mengikuti kegiatan senam bersama di halaman kantor bupati setempat, kemarin (14/2).

PURUK CAHU - Guna mewujudkan lingkungan yang sehat bagi seluruh masyarakat Murung Raya (Mura), Wakil Bupati Mura, Rejikinoor S Sos mengajak seluruh masyarakat untuk tidak merokok diareal pelayanan publik.

"Sejak sekarang masyarakat harus membiasakan diri dengan larangan ketat terhadap kawasan rokok yang saat ini Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) sudah diusulkan oleh Pemkab Murung Raya (Mura) kepada DPRD Mura untuk dijadikan Perda," kata wabub saat diwawancarai awak media usai melaksanakan kegiatan senam bersama, di halaman Kantor Bupati Mura, kemarin (14/2).

Dia menjelaskan, terkait dengan salah satu Raperda yang diserahkan kepada pihak legislatif yakni kawasan tanpa rokok. Agar larangan ini lebih kuat apabila sudah adanya Perda sebagai produk hukum yang dikeluarkan.

"Pengajuan Raperda kawasan tanpa rokok ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan Pasal 115  yang menyatakan bahwa mewajibkan setiap kepala daerah mengatur kawasan tanpa rokok," ungkapnya lagi.

Selain itu, dia juga mengajak setiap masyakat agar mematuhi larangan terhadap kawasan tanpa rokok di areal pelayanan publik seperti di RSUD hingga Puskesmas. Hal ini dimaksudkan agar setiap masyarakat dapat menghargai dan mematuhi setiap landasan hak agar setiap orang dapat menikmati lingkungan yang sehat.

"Karena kita semua mungkin tau bahwa asap rokok tidak hanya berdampak kepada orang perokok itu saja tetapi juga berdampak kepada orang yang berada disekitaran orang yang perokok," tutupnya. (udi/bud)