Final Liga Europa Musim Terkahir Kiper Arsenal, Petr Cech

Rabu, Tanggal 29-05-2019, jam 06:13:38

single-post

Net

OLAHRAGA - Petr Cech Kiper Arsenal, mengumumkan hengkang ke Real madrid. Final Liga Europa musim ini akan menjadi laga terakhirnya. Dalam wawancara dengan Evening Standard kemarin Cech, dikutip dari berita Olahraga jpnn.com, bahwa bersyukur untuk dua dekade karier profesionalnya yang lengkap. Semua gelar domestik sudah dimenangi. Level Eropa pun sudah dirajainya.

“Terlepas apa pun kabar yang menyertai saya dalam beberapa waktu belakangan ini, saya akan memutuskan pascafinal Liga Europa. Saya ingin fokus lebih dahulu menjelang final kali ini,” kata kiper 37 tahun tersebut.

Sepanjang dua dekade karirnya, laga dini hari nanti merupakan final ke-13 buat Cech. Dari 12 final sebelumnya hanya tiga di antaranya yang berujung kekalahan. Yakni final Piala Liga 2007-2008, final Liga Champions 2007-2008, dan final Piala Dunia Antarklub 2012. Kalau dipersentase maka kesuksesan Cech meraih juara jika tampil di final mencapai 75 persen.

“Petr (Cech) adalah seorang profesional. Djika dia bermain maka saya tak akan khawatir kalau Arsenal bakal memenangi trofi Liga Europa pertamanya,” kata Seaman. Mengenai rumor Cech yang akan bergabung dengan Direktur Olahraga Chelsea selepas final, Seaman meragukannya. “Kabar itu belum terkonfirmasi,” tambah mantan kiper Arsenal periode 1990-2003 tersebut.

Mantan deputi Cech yang kini jadi pundit Carlo Cudicini kemudian membeber statistik clean sheets Cech yang luar biasa di ajang kompetisi Inggris khususnya Premier League. Hanya eks kiper Liverpool Pepe Reina yang punya persentase clean sheets lebih bagus. Persentase clean sheets Reina mencapai 47 persen sedang Cech 45,6 persen.

“Tapi jangan lupa Cech juga mengungguli Reina dalam hal jumlah clean sheets sepanjang karir di Premier League. Cech melakukan 202 kali clean sheets sementara Reina cuma 134 kali,” ucap Cudicini.

Cech jelang pensiunnya memberikan kritik untuk internal Arsenal. Salah satu alasan mengapa Arsenal tak bisa berprestasi di level Eropa karena tidak adanya tekanan yang besar direksi kepada mereka. Hanya fans yang terus menuntut mereka meraih trofi setiap musimnya.

Sementara itu, Hazard dalam pre match press conference mengatakan tidak ada titik temu untuk pembicaraan kontrak baru antara dirinya dengan pihak klub. Hazard sampai kemarin belum juga menanda tangani kontrak baru dengan Chelsea. Ikatan kerjanya dengan Chelsea habis pada Juni 2020 mendatang. (Net)

(Sumber Jpnn.com)