Ini Jaksa dan Juga Musisi Lho

Kecil Suka Musik dan Kini Sudah Ciptakan 10

Jum`at, Tanggal 31-05-2019, jam 05:24:04

single-post

FOTO: JUN/PE MAIN MUSIK: Mahdi Suryanto ketika menunjukan keahliannya bermain musik, beberapa waktu lalu.

 

Musik adalah hidupnya, sejak dari kecil Mahdi Suryanto mengenal musik dan sampai akhirnya berhasil menciptakan 10 lagu, salah satunya tentang Kota Cantik Palangka Raya. Alat musik pertama kali Kepala Seksi Intelejen Kejari Palangka Raya mainkan adalah gitar.

 

Sejak duduk dibangku kelas 4 SD, hobi bermusiknya mulai tumbuh. Yang mana ketika itu ia sering melihat orang bermain musik sambil bernyanyi, hingga akhirnya waktu SMP, Mahdi sapaan akrabnya mencoba belajar sendiri dalam bermusik.

Mulai dari membawakan lagu orang dan bermain alat musik gitar, lamban laun Mahdi pun setiap ada perlombaan selalu mengikutinya. Dimana beberapa piala pun berhasil ia sabet, dalam ajang tingkat sekolah dan lainnya.

Dulu, Kepala Seksi Intelejen Kejari Palangka Raya memiliki cita-cita sebagai musisi karena senang melihat orang bermain musik. "Hobi saya memang bermusik, bahkan itu sudah dilakukan sejak keci. Awalnya hanya melihat orang dan mulai senang dan mencoba bermain gitar,” ujar Mahdi kepada Palangka Ekspres, baru-baru ini.

Dari situ juga satu demi satu lagu ia ciptakan dengan beberapa tema dengan warna musik etnik, dengan tujuan supaya mudah dimengerti. Bahkan ketika berkuliah di Jawa, ia juga sempat menciptakan lagu khas daerah tersebut. "Bahkan saya pernah menciptakan lagu disana, karena dengan bermusik perasaan jadi tenang dan menghilangkan stres seseorang. Sampai sekarang ini saya masih gemar bermusik,” terangnya.

Diakuinya, sejak menjadi seorang Jaksa, waktu dalam bermusiknya mulai berkurang. Akan tetapi, jika memang ada waktu lepas dari tugas, ia akan kembali menyalurkan hobinya sebagai melepas rasa jenuh. "Kalau saat ini jika ada waktu senggang saja untuk bermain musiknya. Karena tugas utamanya sebagai Jaksa tidak boleh ditinggalkan," sebut Mahdi.

Main musik itu menyalurkan inspirasi dimana berada, dalam kesempatan itu berhasil menciptakan lagu berjudul Kota Cantik Palangka Raya dan Zona Integrasi. "Sebenarnya dalam menciptakan lagu sebentar saja, namun menyatukannya kedalam musik yang lumayan lama. Apalagi kesibukannya bukan hanya bermusik saja," tutur pria kelahiran Kapuas.

Menurutnya dengan menciptakan lagu Kota Cantik Palangka Raya, ia ingin jadi bagian untuk memajukan dan memperkenalkan Kota Palangka Raya ke kancah nasional. Bahkan berharap juga kalau bisa tembus ke Internasional. "Disini banyak ragam budaya dan pesona kota yang indah. Apalagi dengan isu pemindahan ibukota tentu ini menjadi motivasi kita semua bahwa masyarakat Palangka Raya kreatif-kreatif," jelas Mahdi.

Kasi Intel yang baru setahun ini bertugas di Palangka Raya juga berharap, lagunya tersebut bisa mendapat dukungan diterima dengan respon yang positif dari masyarakat Kota Palangka Raya .

"Bagi masyarakat yang ingin mendengar ataupun melihat videonya bisa langsung ke Youtube Jaksa Ciptakan Lagu. Jangan sampai masyarakat berfikiran Jaksa itu selalu menangani perkara, karena banyak sisi lain yang dimiliki,”pungkasnya. (*)

(Penulis, Juniardi Susanto PE, Palangka Raya)