Ratusan Masyarakat Padati Jalanan Palangka Raya

Pawai Takbiran Momen Pererat Persaudaraan

Senin, Tanggal 10-06-2019, jam 03:09:33

single-post

FOTO: RIKO/PE Membuka : Wakil Gubernur Kalteng, Habib Said Ismail Membuka Pawai Takbir bernuansa pernak pernik Muslim, Selasa (4/6).

PALANGKA RAYA - Seluruh umat Muslim sangat gembira merayakan hari kemenangan setelah selama 30 hari menjalankan ibadah puasa. Sebelumnya Pemerintah Provinsi Kalteng, SOPD dan masyarakat umum menggelar pawai takbiran, di area Bundaran Besar, Kota Palangka Raya menanti hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah pada Rabu (5/6) dan Kamis (6/6). Pawai dimulai pukul 20.10 WIB dengan jumlah peserta sebanyak 59 orang. 

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran melalui Wakil Gubernur Habib Said Ismail saat membuka kegiatan pawai takbiran, diawali laporan dari Ketua Panitia dari PHBI bersama Korem 102 Panju Panjung.

Pawai takbiran sendiri merupakan sebagai ucapan untuk mengagungkan nama Allah SWT, dengan ini diharapkan terciptanya kedamaian ketentraman di Kalteng. Acara tersebut terlaksana atas kerja sama PHBI dan Korem 102 Panju Panjung.

Pelepasan pawai dilakukan oleh Wagub Habib Ismail sekitar Pukul 20.05 WIB yang juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Kalteng dan Kota, Wakil Kapolda, Dandrem, Kapolres, Wali Kota, Kanwil dan seluruh SOPD Kalteng atau Kota serta Ormas Islam. 

Ketua Panitia pun menyampaikan, jika pelaksanaan pawai takbiran tahun ini akan menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Tahun ini PHBI selaku pelaksana inti bekerjasama dengan Korem 102 Panju Panjung.

Kegiatan diikuti seluruh SOPD yang berjumlah 29 peserta SOPD dan dari jemaah masjid serta ormas Islam ada 30 peserta yang juga ikut hadir memeriahkan acara tersebut.

Wakil Gubernur Habib Ismail mengatakan, jika kegiatan Pawai Ramadan 2019 ini diharapkan mampu menjadi momen hikmat, terciptanya keharmonisan, kerukunan, dengan memuji kebesaran Allah bagi seluruh masyarakat muslim dan non muslim. 

“Melalui kegiatan ini, kita berharap hendak saling kita antara umat beraga ini dapat saling menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai kedamaian guna menuju Kalteng Berkah, elok dan bermartabat di Bumi Tambun Bungai ini. Kita juga berharap agar tahun depan, peserta yang ikut tidak hanya dari seluruh SOPD, tetapi juga majelis taklim, masjid dan ormas non Muslim juga dapat berpartisipasi ikut hadir guna menjaga keberagaman,” ungkap Habib, kemarin (9/6).

Wagub berterimakasih kepada para pengurus yang bersinergi atas kebersaman dan dukungannya, sehingga pelaksanaan Pawai Takbiran Idul Fitri 2019 dapat berjalan lancar. “Kita harapkan kegiatan ini menjadi even tahunan. Bagi seluruh pihak dapat ikut terlibat, sehingga kita betul-betu bisa menjaga keberagaman, perbedaan dan tetap bersatu dalam harmoni serta menjaga kebhinekaan tunggal ika,” pungkasnya. (iko/abe)