Ciptakan Daging Vegan yang Terbuat dari Udara

Kamis, Tanggal 12-12-2019, jam 09:12:36

single-post




msn.com- Seiring dengan banyaknya orang yang beralih ke pola makan vegan, kini makin banyak pula produk daging berbasis tanaman. Produk makanan ini dibuat dari sayuran atau tanaman, dan memiliki tekstur serta rasa selayaknya daging hewan. Nah, kalau daging yang berbahan dasar tanaman ini sudah tak awam, bagaimana kalau yang jadi komposisi utamanya adalah udara?


Sebuah perusahaan baru asal California bernama Air Protein mengklaim bisa menciptakan tepung pembuat daging hanya dengan memadukan udara, air, dan mineral. Sebelumnya, perusahaan Air Protein telah meluncurkan makanan berteknologi tinggi sebagai pengganti daging, seperti Impossible Burger yang sudah tersedia di restoran cepat saji Amerika Serikat.


Inovasi terbarunya ini akan menerapkan teknik yang telah ditemukan oleh NASA pada tahun 1960, melibatkan karbon dioksida untuk mengubah mikroorganisme menjadi makanan. Prosesnya akan mirip seperti pembuatan yoghurt, dilakukan di ruang fermentasi berukuran besar. Mereka akan memadukan karbon dioksida dengan mikroba alami, serta campuran formula mineral rahasia.


Daging udara ini digadang-gadang akan memiliki sembilan asam amino esensial, vitamin, dan mineral. Selain itu, juga bebas dari pestisida, herbisida, hormon, serta antibiotik. Bahkan, daging ini juga diklaim mengandung vitamin B12 yang jarang ditemukan di bahan makanan vegan.


“Tepung berbahan dasar udara kami adalah bahan makanan yang netral, membuatnya sangat fleksibel dan bisa ditambahkan ke dalam berbagai formula," ujar Lisa Dyson, Ph. D., pendiri sekaligus chief executive officer dari Air Protein seperti dikutip dari Food Business News.


"Hal itu memungkinkan kami untuk membuat daging berbasis udara yang sangat beraroma dan kaya rasa. Kami akan memadukan kandungan bergizi tinggi dari bahan protein baru ini dengan rasa dan tekstur yang bisa menyenangkan konsumen," imbuhnya. Tak hanya daging, protein udara buatan Air Protein tersebut juga bisa digunakan untuk membuat pasta, cereal, hingga minuman.


Mereka juga mengklaim, proses pembuatannya akan jauh lebih menjaga kelestarian sumber daya alam, ketimbang pilihan alternatif daging vegan lainnya.
Menurut Lisa, daging udara ini membutuhkan tanah dan air dengan jumlah seribu kali lebih sedikit, dibandingkan dengan produksi kedelai. Rencananya, Air Protein akan memasarkan makanan berbahan dasar udara itu pada tahun depan, dan akan bekerja sama dengan perusahaan lain untuk menambah komposisi bahan di dalamnya. Hmm, kira-kira, akan seperti apa jadinya daging vegan dari udara ini, ya?