Jaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Minggu, Tanggal 01-03-2020, jam 02:38:13

single-post

KEBERSAMAAN: Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah saat membuka Musrenbang Kecamatan Bukit Batu di Taman Bukit Tangkiling.

PALANGKA RAYA - Mengingat akhir-akhir ini Kota Palangka Raya terus diguyur hujan dengan intensitas yang lumayan tinggi, Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah mengimbau masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar. Kata Umi, bila intensitas hujan cukup tinggi, sementara kebersihan lingkungan kurang diperhatikan, maka dikhawatirkan akan menyebabkan genangan air pada permukiman serta munculnya beberapa penyakit.

Menurut dia, memasuki musim hujan ini maka masyarakat diharapkan rutin melakukan pengecekan kebersihan di lingkungannya, terutama drainase dan parit sekitar permukiman.

Lanjutnya, masyarakat juga diharap membuang sampah pada tempatnya dan jangan menumpuk sampah di belakang rumah atau di sekitar rumah, karena dapat menjadi sarang nyamuk.

“Kebersihan lingkungan sangat penting untuk menunjang kesehatan,” ucap dia saat diwawancarai awak media, akhir pekan lalu.

Katanya, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya sudah melakukan sosialisasi melalui instansi teknis tentang menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. Menurutnya, musim hujan seperti ini biasanya bermunculan jentik-jentik nyamuk. Maka dari itu perlu dilakukan pengurasan secara rutin wadah penampung air, agar mencegah jentik nyamuk tersebut tumbuh dan berkembang. Selain itu juga, mencegah terjadinya berkembang nyamuk demam berdarah dengue (DBD). Selain mencegah terjadinya beberapa penyakit, membersihkan lingkungan juga untuk menjaga keindahan kawasan sekitar. Karena rasa aman, beber dia, tercipta berawal dari kebersihan. “Bila kawasan lingkungan sekitar bersih, maka otomatis akan menimbulkan rasa nyaman menempati kawasan tersebut. Maka itu, harap selalu cek kebersihan drainase dan pastikan tidak adanya sumbatan pada drainase tersebut,” pungkasnya. (ahm)