Peran Wanita di Tengah Covid-19

Rabu, Tanggal 22-04-2020, jam 11:49:38

single-post

Wakil Ketua DPRD Kalteng, Hj Faridawaty Darland Atjeh.



PALANGKA RAYA - Ditengah wabah Covid 19, peran wanita sangat diperlukan. Tidak hanya perawat, dokter atau profesi lainnya yang berkedudukan seorang wanita, namun juga wanita lainnya seperti ibu rumah tangga.

Wakil Ketua DPRD Kalteng, ibu Hj Faridawaty Darland Atjeh mengatakan, pahlawan RA Kartini merupakan seorang tokoh pahlawan perempuan yang sangat menginspirasi. Dimana, semangat dan kegigihannya dalam memperjuangkan emansipasi dan hak perempuan Indonesia, menjadi sebuah inspirasi yang patut ditiru dan diteruskan, oleh kaum perempuan saat ini.

Lanjutnya, semangat Kartini masa kini, khususnya menghadapi wabah Covid - 19, peran wanita diharapkan, tindakan yang paling sederhana yakni memberikan edukasi kepada keluarga maupun sekitarnya untuk patuh terhadap himbauan pemerintah.

“Hari Kartini, di tengah pandemi COVID-19 ini tak bisa lagi diisi dengan berbagai kegiatan yang mengumpulkan masa, seperti peragaan busana, lomba masak, lomba make up atau kegiatan lainnya yang justru ‘mendomestifikasi’ kaum perempuan. Dimana maksudnya, ialah menempatkan posisi perempuan tidak imbang dengan kaum laki-laki. Walau demikian, diharapkan peran wanita minimal memberikan edukasi dan perhatian lembaih kepada anaknya bagi ibu rumah tangga agar tetap dirumah. Membuat suasana dirumah leboh nyaman dari sebelumnya. Serta mematuhi himbauan pemerintah,” ucapnya saat dibincangi Rabu (22/04/2020).

Lebih dalam dikatakan Srikandi Partai NasDem Kalteng tersebut, semangat juang Kartini, menjadi tonggak sejarah. Karena wanita bukan hanya memiliki tugas , memasak dan berkebaya, melainkan berpendidikan.

“Kegigihan Kartini, menjadi tonggak sejarah bangkitnya kaum perempuan Indonesia, di tengah gempuran budaya patriarki. Majulah terus perempuan Indonesia, Selamat Hari Kartini,” ucapnya Hj Faridawaty.(rul)